Final Tour De Java

Penyerahan piala untuk juara Umum, Juara  AFC, juara umum 2 MTB dan Juara ketiga Cirebon Angler dan KMMC.

Penyerahan piala untuk juara Umum, Juara AFC, juara umum 2 MTB dan Juara ketiga Cirebon Angler dan KMMC.

Tour De Java (TDJ) adalah sebuah event perlombaan mancing dengan system home away yang diikuti oleh 6 komunitas mancing besar di tanah air. Pada kali ini, pada tanggal 31 Oktober – 1 November2015 merupakan stage 6 yang sekaligus Final TDJ di Pulau Harapan, Pulau Seribu. Tour De Java mirip lomba dalam memperebutkan gelar motor Grand Prix, dimana setiap komunitas menjadi tuan rumah dan mengatur event dan komunitas lain bertandang. Komunitas yang ikut serta adalah Pertamina Cilacap Fishing Club (PCFC), Mancing Tegal Brebes (MTB), Archipelago Fishing Community (AFC), Cirebon Angler (CA), Jak Angler, Komunitas Mancing Mania Cilacap (KMMC).

Imam dan Ary membuktikan bahwa Kepulauan Seribu sangat banyak ikannya

Imam dan Ary membuktikan bahwa Kepulauan Seribu sangat banyak ikannya

Selesainya perhelatan lomba TDJ ini patut diajungi jempol buat pancinger semua yang bergabung dalam komunitas/klub mancing ikut serta TDJ. Ini adalah kemenangan para pancinger dimana mereka bersama-sama membentuk sebuah game berseri yang di dasari rasa cinta terhadap hobinya itu bisa mengalahkan segalanya. Bila sudah cinta kendala keuangan, kendala minimnya sponsor bisa dilewati semua. Di TDJ ini juga menunjukkan bagaimana sebuah komitmen besar para angler untuk membangun bersama sebuah acara besar yang di garap secara bersama-sama dengan di dasari kinerja tanpa pamrih. Itulah pesan yang ingin ditunjukan kepada pancinger Indonesia dan produsen alat pancing yang kurang mendukung acara dalam setiap stagenya. No probemo alias ora popo hahaha.. pokoke lomba TDJ jalan terus dan justru kita tertantang untuk menunjukan sebuah komitmen pemancing semua,” kata Wawan ketua PCFC (Baca artikel terkait : Sejarah Tour De Java).
Pada stage 6 atau Final TDJ ini sebagai tuan rumah penyelenggaranya Archipelago Fishing Club (AFC). Sebagai tuan rumah nampaknya AFC ingin memberikan menjamu komunitas lainnya dengan acara sederhana namun meriah dan berkesan. Kinerja di tunjukkan panitia mulai mengkontak masing-masing peserta sampai selesai diperhitungkan dengan matang.
Hal ini saya buktikan sendiri ketika jam 4 pagi, panitia sudah bersiap-siap di pelabuhan penyebarangan ke Pulau di Muara Angke. Ahmad Maulana, Komang , dan Agus Suyanto terus memantau peserta. Mereka menyiapkan barang panitia ke kapal yang datang pada trip berikutnya bersama Yogi, Igbal dan Bargo. Semua kerja dengan sangat semangat. Ketika jam 6 pagi para peserta datang mereka langsung menyambut dan mengarahkan untuk naik kapal fery penyeberangan Miles 2. Ketika semua naik kapal Miles 2, dan ditengah kepadatan penumbang, Nampak raut sukacita dan gembira terpancar dari setiap pancinger.

peserta diatas kapal fery Miles 2

peserta diatas kapal fery Miles 2

Agus suyanto memberikan arahan kepada peserta

Agus suyanto memberikan arahan kepada peserta

Di tengah kepadatan penumpang, Agus Suyanto sebagai koordinator lomba TDJ stage 6 Final ini memberikan arahkan kepada pancinger. “Setelah tiba di pulau Harapan maka peserta makan siang. Usai makan siang lomba TDJ dimulai dengan batas akhir ikan yang harus ditimbang adalah jam 18.00. Pada malam hari kita makan malam bersama dilanjukan pembicaran TDJ ke depannya pada tahun 2016. Pada hari kedua, minggu, 31 Oktober, start lomba boleh bebas namun peserta sendiri yang janjian sama kapten kapalnya. Yang harus diperhatikan adalah finis penimbangan pada pukul 10.00. Acara dilanjutkan penyerahan hadiah dan terakhir kita pulang jam 12.00,” kata Agus Suyanto memberikan panduan acara yang akan dijalani di stage final ini.

Berita Mancing mensupport acara TDJ

Berita Mancing mensupport acara TDJ

Siang itu pulau harapan terasa panas dan herannya lagi semangat para peserta juga memanas ingin segera mancing. Begitu sampai di home stay semua angler langsung seting alat pancing nampaknya mereka sudah kena racun sakauw mancing tingkat tinggi hahaha.
Tanpa acara seremonial seperti sailing boat atau ceremony penembakan pistol atau pengibaran bendera kotak-kotak, para peserta langsung berangkat ke spot masing-masing. Jreeanng 6 tim melaju menjelajah dan mengeksplore spot-spot di sekitar kepulauan seribu.

Tim KMMC nampak semringah ketika mendapat banyak ikan

Tim KMMC nampak semringah ketika mendapat banyak ikan

Ketika yang lain menjelajah laut, justru saya dan Karsono dari Sumber Mulia Group menjelajah pulau Harapan. Saya tak ingin melepaskan sejengkal pun keindahan pulau Harapan sebagi pulau yang padat penghuninya. Saya banyak berjumpa warga dan berbincangan soal kehidupan warga pulau. Sebagain besar mereka sekarang penghasilan mereka bukan hanya nelayan saja, namun meningkat lebih baik dengan adanya pariwisata. Ribuan orang yang datang setiap minggu, jelas membuat mereka membutuhkan penginapan dan makanan. Selain itu bisnis wisata air mendongkrak perekomian dengan mengantar snorkeling, diving, dan fishing.

nongkrong ngobrol santai di depan home stay
Usai lelah jalan-jalan saya pun duduk di ngopi di warung yang dijadikan base oleh panitia. Kami menunggu para pancinger menimbangkan. Kedatangan pertama adalah tim KMMC yang membawa hasil pancingan yang cukup luar biasa besar dan banyak. Wajah pancinger tim KMMC pun nampak semringah lantara tim ini memimpin sementara di hari pertama.
Malam panjang di Pulau Harapan kami lewati dengan ngobrol canda tawa dan berbincang mengenai TDJ di tahun 2016. Menjelang pagi hanya beberapa pancinger yang sanggup begadang dan sebagaian besar memilih istirahat untuk menyimpan tenaga di hari kedua.
Jam 3 pagi secara tidak sengaja semua tim bangun dan mulai untuk memancing. Kali ini saya ikut serta dalam tim Cirebon angler (Baca artikel terkait : Amazing Time With Cirebon Angler). Lalu pagi itu kapal yang melaju meninggalkan Pulau Harapan menuju ke Pulau Pabelokan. Pulau Babelokan kami tempuh dalam waktu 2 jam dari pulau Harapan. Pulau Pabelokan adalah pulau yang dipergunakan untuk pertamina untuk mengolah minyak.

Strike bertubi tubi di tim Cirebon Angler

Strike bertubi tubi di tim Cirebon Angler

Iman sulaiman strike 1 popper dua ikan

Iman sulaiman strike 1 popper dua ikan

Kami menunjukan ikan hasil pancingan

Kami menunjukan ikan hasil pancingan

Sampai di sana kami disambut oleh frenzy. Iman Sulaiman dan Ary Ponco tak mau kehilangan moment dan langsung lempar popper. Sungguh fantastic lemparan pertama Imam langsung sambar kuwe lilin (golden trevally). Frenzy terus berlanjut dan dua angler Imam dan Ary Ponco tiada henti fight dengan ikan. Bahkan yang seru, satu popper Iman disambar dua kuwe. Jam 8 kami sudah pertarungan agar kami tidak terlambat sampai base. Kapalpun melaju kembali pulau Harapan. Kita boleh berencana namun ada saja kendala, pas mau masuk muara kapal tertahan dua kapal besar masuk. Setelah menunggu clear dermaga kami pun masuk dan lapor kepada pantia, namun pantia memberitahu bahwa tim Cirebon Angler terlambat 5 menit dan diskualifikasi. Kami semua hanya tersenyum simpul melihat keputusan pantia yang patut diajungi jempol. Oh andai kami tidak terhalang traffic keluar masuk dermaga … ya sudah kami semua menerima keputusan bersama dan menghormati panitia.

Tim KMMC tampil sebagai juara 1 dan juara 3 di TDJ stage 6

Tim KMMC tampil sebagai juara 1 dan juara 3 di TDJ stage 6

Tim MTB sebagai juara 2 stage 6

Tim MTB sebagai juara 2 stage 6

Penyerahan hadiah. Juara dalam stage 6 ini diraih oleh KMMC, juara kedua MTB dan juara ketiga KMMC. Kami ucapkan selamat untuk juara stage 6. Selanjutnya Penyerahan piala untuk juara Umum, Juara AFC, juara umum 2 MTB dan Juara ketiga Cirebon Angler KMMC. (Baca artikel terkait: Kriteria Juara Umum). Ucapan selamat meluncur dari para pancinger semua dan terakhir adalah sesi untuk foto bersama. Berakhir TDJ di tahun 2015, semoga berlanjut ditahun 2016 dengan baik lagi, Salam strike.***

Comments

comments

Comments are closed.