Lahirnya Liga Barramundi Pantura

Setelah melewati penantian dan diskusi yang cukup panjang, akhirnya dunia memancing tanah air khususnya di Pantai Utara P Jawa, mendapatkan sebuah kejutan baru, dengan bakal bergulirnya sebuah event lomba mancing khusus ikan kakap putih atau barramundi yang  bertajuk  Liga Barramundi Pantura.

 

Kepastian adanya penyelenggaraan event khusus bagi para hobbies mancing kakap putih ini,setelah sejumlah komunitas mancing dari beberapa daerah di Pantai Utara P Jawa seperti : Weleri Angler Community (WAC), PROJAXAL Fishing Team Semarang, Pemancing Muka Lama (PEMULA), Barra Mania Mukasa Tegal (BMMT), Patriot Angler Bekasi (PAB), Barramundi Angler Indramayu (BAI), Barramundi Teluk Jakarta (BTJ ) dan Mancing Mania Cirebon (MMC), berkumpul dan berembug serta melakukan diskusi yang cukup panjang di Auditorium Kantor Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon pada tgl 24 Desember 2016 lalu.

 

Dalam diskusi yang berlangsung hangat dan penuh rasa kekeluargaan tersebut disepakati bahwa, dibentuknya Liga Barramundi ini mengacu pada besarnya Potensi ikan kakap putih yang dimiliki oleh daerah-daerah di sepanjang Pesisir Pantai Utara P Jawa.

 

Disamping itu, juga berdasarkan banyaknya jumlah pancinger di sepanjang wilayah Pesisir Pantai Utara P Jawa yang tergabung dalam suatu Kelompok /Perkumpulan/ Komunitas Mancing yang memiliki kegemaran sama yakni, menjadikan ikan barramundi sebagai target utama buruan atau pancingan mereka.

 

Dalam diskusi tersebut juga di paparkan bahwa, tujuan dibentuknya Liga Barramundi antara lain :

 

  1. Untuk mempersatukan dan mempererat jalinan persaudaraan antar kelompok / perkumpulan / komunitas pemancing, khususnya yang terhubung dengan wilayah Pantai Utara P jawa.
  2. Memperkenalkan dan mempromosikan daerah-daerah di wilayah Pantura P Jawa, khususnya yang memiliki potensi untuk mendorong kegiatan bahari atau kemaritiman.
  3. Berbagi pengalaman mancing khususnya untuk target ikan Barramundi, dengan potensi yang berbeda di setiap daerahnya.

 

Selanjutnya dipaparkan pula bahwa, yang menjadi kerangka utama dari kegiatan Liga Baramundi Pantura tersebut antara lain :

 

  • Mancing bersama antar seluruh Kelompok /Perkumpulan/ Komunitas Pemancing yang telah terdaftar sebagai peserta Liga, dengan lokasi kegiatan Mancing Bersama dan Jadwal Pelaksanaannya ditentukan oleh masing-masing peserta liga.
  • Setiap kegiatan Mancing Bersama ditiap-tiap lokasi, bersifat lomba yang merupakan bagian dari putaran Liga Barramundi.
  • Target ikan pancingan yang dilombakan dalam Liga Barramundi adalah : barramundi / kakap putih. Sedang tehnik mancing yang digunakan : Konvensional, ( dengan atau tanpa Pelampung atau Glosor menggunakan Joran atau Joran dengan/tanpa reel hanya kelosan. Benang dan leader bebas,serta hanya menggunakan umpan alami berupa Udang Hidup.
  • Lokasi Mancing terdapat di berbagai daerah, sesuai dengan daerah asal kelompok/perkumpulan/komunitas yang menjadi peserta pada Liga Barramundi.
  • Lokasi mincing disetiap daerah akan ditentukan secara bergiliran sesuai dengan jadwal yang disepakati bersama.
  • Sistem Penilaian Lomba berdasarkan pengumpulan point dari hasil pancingan ikan barramundi, yang diperoleh selama berlangsungnya putaran liga.
  • Apa bila terdapat peserta yang tidak dapat mengikuti putaran lomba, maka hal tersebut tidak menggugurkan atau menyebabkan diskualifikasi bagi peserta. Karena prinsip penilaian adalah berdasarkan total jumlah akhir point yang dikumpulkan peserta, setelah putaran lomba dalam liga dinyatakan selesai secara keseluruhan.

 

Pada akhir diskusi kemudian disepakati bahwa, para peserta Liga Barramundi dibagi kedalam 5 (Lima ) Zona, dengan susunan sebagai berikut :

 

Zona I             : Projaxal FT, Pemuladan WAC.

Zona II            : BMMT Tegal - Pemalang

Zona III          : MMC

Zona IV          : Indramayu

Zona V            : Bekasi – Jakarta

 

Selanjutnya, untuk waktu penyelenggaraan lomba ditetapkan secara bergilir/ bergantian berdasarkan Zona peserta liga. Sedangkan untuk jumlah pemancing, disesuaikan dengan kemampuan / kapasitas daya tamping dari masing-masing lokasi di setiap zona yang akan digunakan untuk lomba.

 

Untuk Jadwal Liga Barramundi serta jumlah pemancing dalam 1 ( satu ) team disepakati sebagai berikut:

 

  1. Putaran I : Penyelenggara Zona I                    : Februari, peserta 10 org/team.
  2. Putaran II : Penyelenggara Zona IV                 : April, peserta 10 org/team.
  3. PutaranIII : Penyelenggara Zona V                   : BulanJuni, peserta 5 org/team.
  4. PutaranIV :Penyelenggara Zona II                    : Agustus, peserta 10 org/team.
  5. Putaran V ( Penutup ),PenyelenggaraZona III : Oktober, peserta 10 org/team.

 

 

♣♣♣♣♣

C I r e b o n . Wartawan Berita Mancing  M   I S K A N D A R   Z.

 

 

 

Comments

comments

Comments are closed.