Misteri Sedotan Barramundi

IMG_5912

Tahukah anda bahwa barramundi saat makan adalah menyedot mangsanya bukan menggigitnya. Dan yang anehnya ikan ini sanggup membengkangkan treble hook pada lure anda?
Suatu kali saya merasa bangga bisa menaklukan barramundi dalam trip bersama Joe Michael, Pak Ugi, Pak Dudit Widodo, Pak Wanto, Mamik Slamet di Merauke. Mengapa bangga? Ya karena bisa menundukan ikan barramundi bukanlah pekerjaan yang gampang. Saya bukanlah pemancing yang handal atau jago dalam memancing ikan barramundi hanya saya adalah orang yang beruntung bisa memancing di lokasi yang memang banyak ikan barramundinya. Tidak seperti di tanah jawa atau pantura untuk memancing barramundi memancing barramundi banyak digemari angler. Saya sangat salut kepada mereka yang berhasil mendapatkan ikan barramundi besar dan saya yakin bahwa mereka telah melewati tingkat kesabaran yang tinggi.

DSCN8414

Tidak mudah bisa menaklukan barramundi besar

Daya tarik barramundi terletak dari ukuran ikannya. Barramundi di atas 1 - 5 kg memang banyak di jumpai dan sering terpancing, namun sensasinya masih tergolong biasa saja, namun jika ukuran barramundi di atas 7-8 kg atau di atas 10 kg jelas memiliki sensasi yang luar biasa. Selain tarikanya ikan ini akan membuat loncatan akrobatik. Ia bukan hanya sekali meloncat namun terkadang beberapa kali loncatan.
Loncatan itu bukan sembarang loncatan namun merupakan upaya untuk melepaskan diri dan usaha memotong kenur dengan insangnya. Mulutnya akan mengangnga. Sambil meloncat ia menggelengkan kepala marah, dan memutarkan badannya seperti seorang penari. Pancinger barramundi pasti pernah menyaksikan tarian barramundi yang seperti itu. Jika kita dalam bahwa tarian akrobatik barramundi ini adalah tarian untuk meluluhkan hati angler. Tass… kenur putus atau treble hook membengkang dan ikan barramundi bisa meloloskan diri. Kini tinggal angler yang sakit hati, melongo dan pilu setelah melihat akrobatik barramundi.
Konon kata pancinger professional barramundi dari negeri kanguru mengatakan bahwa barramundi membaham mangsa termasuk lure berlainan dengan ikan lainnya. Barramundi bukan menggigit melainkan menyedotnya. Tetapi mengapa saat menyambar seperti bunyi boom. Selidik punya selidik sedotan dari mulut barramundi yang dihasilan dari mulut itu macam vacuum cleaner.

AKUIMG_4880
Ikan barramundi jika menghampiri mangsanya dengan sangat senyap. Diam diam menyergap lalu menyedot. Logikanya lure kecil semakin mudah untuk di sedot oleh Barramundi ke mulutnya. Lure besar besar biasanya untuk menarik perhatian ikan kakap besar, namun penggunaan kenur PE menyulitkan ikan barramundi menyedot umpan, karena kenur tiada regangan. Lalu bagaimana mengatasi hal ini cara memainkan lure adalah memberikan efek drop back atau pause. Tarik lure lalu berhenti tarik lagi. Nah cara ini efektif membuat barramundi untuk menyedot umpan yang anda mainkan.
Lure yang banyak di gunakan para angler barramundi adalah lure yang bisa menyelam ke dalam namun kepalanya mendongak keatas. Mengapa lure yang demikian karena ketika barramundi menyedot maka kail treble akan cepat menancapnya.
Yang menjadi masalah adalah barramundi sanggup membaham treble hook nguncup. Kok bisa kail menguncup? Karena ketika barramundi memakan atau meluluhkan benda asing mulutnya akan di buka sebagai mana menyedot lure tersebut. Di saat itu pula air akan dihisap masuk dan lure tadi di kira udang dan menggoncangkan kepala sedikit dan mulutnya di katupkan sehingga kail treble bisa kuncup.Selain itu loncatan dengan membuka mulut membuat treble hook longgar saat menempel di mulut sehingga barramundi lolos.***

Comments

comments

Comments are closed.