Mancing Bersama 3 Ketua Komunitas Mancing

DSCN3978
Pada bulan Januari sampai maret angin barat menerpa kepulauan seribu. Hujan dan angin membuat gelombang. Justru dikala angin baratan inilah ikan tenggiri berdatangan memakan ikan kecil. Kondisi laut dengan angin barat yang terus berhembus membuat kawan-kawanku pada sakauw untuk mancing. Kerinduan kami mancing ke laut inilah yang membuat 3 ketua komunitas mancing nekat menembus baratan. Mereka itu adalah Petrick Goana Ketua Komunitas Anak Empang, Melvin Komunitas Bekasi Angler Community, Pak De Joko Ketua Jakarta Angler Community.

 
Senin malam tanggal 23 Pebruari 2016 sebagaian kota Jakarta di guyur hujan ringan. Kondisi hujan nampaknya tidak menyurutkan para angler untuk nongkrong dan ngobrol di Waroeng Mancing di Jl. Arteri Kelapa Gading No. 43 Kelapa Gading. Mereka yang ngumpul membahas program untuk acara Boom Bazaar Waroeng Mancing dan event mancing yang akan dijalani kedepannya.

DSCN4047

Dariri ke kanan : Pakde Joko, Melvin dan Petrick

Sampai jam 11 malam berita Mancing dan petric sambil membahas mancing saat itu kami sedang menunggu Melvin dan Pakde Joko yang sedang dalam perjalanan dari Gombong mancing rock fishing. Jam 12 malam mereka merapat ke waroeng mancing setelah ngobrol sebentar langsung keluar belanja logistic mancing dan menuju ke PLTU Bantera Ancol sebagai tempat menyandar kapal-kapal mancing.

 
Pagi itu hari masih dingin namun kami sudah ada di atas kapal Tanjidor. Km Tanjidor merupakan kapal mancing dengan mesin 40 x 2 dan memiliki trek rekor mancing yang bagus. Kapten ujung sering menjuarai turnamen mancing di kepulauan seribu. Saat kapal meluncur menuju spot, kami semua mempergunakan waktu untuk istirahat.

DSCN3993

Ngotrek

Saat kapal labuh jangkar ombak terasa keras menerpa kapal. Goyang kanan goyang kiri hemm sedaap. Kami pun tetap happy dan mulai mengeluarkan pancing kotrekan sabiki untuk mencari ikan selar, ikan kembung dan ikan tembang sebagai umpan untuk memburu tenggiri. Setelah ikan umpan dirasa cukup untuk memburu ikan tenggiri barulajh kapten langsung tancap gas menuju spot karang Kroya.

 
Di karang Kroya ombak tetap masih menggila. Bahkan antara angin dan arus berlawan sehingga ketika umpan dilempar ke belakang tak lama umpan kembali ke aras kapal. Belum lagi kendala angin yang berputar membuat kapal tidak bisa stay pasti dalam labuh jangkar. Kondisi ini tidak menyurutkan kami tetap memancing.

DSCN3970
Tiba-tiba sambaran ikan tenggiri ditandai dengan joran melengkung membuat kami semakin semangat. Pakde Joko dengan sigap mengambil joran dan mulai fighting. Meski kapal oleng terhempas ombak namun Pakde Joko dengan tenang mengeksekusi tenggiri. Kamera Video saya terus mengabadikan bagaimana asiknya mancing tenggiri. Yup ikan tenggiri inilah yang membuat kami semua happy.

 
Kembali koncer tenggiri dan terjadi sambaran hingga mematahkan joran milik Petrick tentunya makin happy-lah kami mancing. Ketika umpan ikan sudah menipis maka saya, Melvin dan beberapa abk memancing kotrekan, Entah puluahn ikan yang kami dapat dalam mancing kotrekan.
Sambil ngotrek saya dan Melvin menyannyi lagu koes plus, “kulihat pemandangan alam manis- manis manis.. betapa senang hatiku.. ketika mendapat,” kata Melvin tertawa terkekeh ketika melihat saya bolak bali narik ikan kotrekan.
Jam 4 sore kami balik dengan hati senang dan gembira karena bisa mancing di hari biasa dan musim baratan pula. Alangkah senang hatiku…!***

Comments

comments

Comments are closed.