Aneka Umpan Olahan

Pemancingan Tagbha

Bang Marga maju kepdium juara karena kreasi umpannya

Sahabat Berita Mancing ..., umpan adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan saat memancing. Seorang pancinger haruslah berkreatif untuk mengolah umpan agar bisa mendapat  ikan atau tampil sebagai juara. Nah berikut ini kami merangkum dari berbagai sumber pemancing. terima kasih tiada terkira buat pancinger yang berani share resep umpannya.

Umpan #1

Creator : Bang Marga

Facebook : https://www.facebook.com/darmansyah.hs

Bahan-bahan :

  • Daging sapi Giling 2 Ons
  • TRD
  • Djempol Amis Crystal
  • 1 Sachet Dancow
  • 1 Butir Telor ayam
  • tambahan modifikasi: 1 sdm bubuk kacang mede

Cara membuat :

  • Daging giling beri 10 tetes TRD dan campurkan hingga merata.
  • Tuangkan Djempol Amis kedalam baskom.
  • Tambahkan 1sdm bubuk kacang mede
  • Campurkan dancow dengan segelas air putih dan masukkan telur ayam, rebus sampai mendidih sambil diaduk agar tidak membungkal.
  • Tuangkan didihan dancow+telur kedalam baskom berisi Djempol Amis dan aduk hingga mengental(biasanya setelah lima menit diaduk adonan akan mengeras).
  • Dinginkan adonan Djempol setelah itu campurkan daging giling dengan Djempol dan siap digunakan.

Hasil : Umpan dipakai di empang Pemadam Joglo masuk nominasi 1 dan 3.

Umpan #2

Creator : Urfan Panji Putra

Facebook : https://www.facebook.com/urfan.putra?ref=ts

Bahan-bahan:

Pelet djempol amis special 1 bks

Sarden botan kecil 1 klg

BE salmon egg 6 tetes

Cara membuat:

  • Djempol di campur air panas, diaduk. tambahkan botan tanpa saosnya. aduk sampe rata. kecrotin BE 6 tetes

 

Hasil : Kolam GT lele Semanggi, 7 ekor ikan rame + induk 2,1 (ga ngamplop kok hehehe).

 

Umpan #3

Nama Umpan : Daging Madu eui

Creator : Kedot

Facebook : https://www.facebook.com/kedot.lubis

Bahan-bahan :

  • Daging sapi Giling 2 Ons
  • Madu Rasa 1 saset

Cara membuat :Daging dan madu diaduk jadi 1.

Hasil : Baru dicoba dipemancingan Rawa Papan, induk 2 dan notal.

DSCN9423

Umpan #4

Nama Umpan : Daging Buah

Creator : Kedot

Facebook : https://www.facebook.com/kedot.lubis

Bahan-bahan.:

  • Daging sapi Giling 2 Ons
  • Essen Durian 10 tetes.

 

Cara membuat :

  • Daging dan Essen diaduk jadi 1.

Hasil : Baru dicoba dipemancingan Rawa Papan, induk 2 dan notal.

Umpan #5

Nama Umpan : Daging Jempol Amis

Creator : Kedot

Facebook : https://www.facebook.com/kedot.lubis

Bahan-bahan.:

  • Daging sapi Giling 2 Ons
  • Essen Hiu 20 tetes.
  • Wysman 2 sendok makan.
  • Jempol Amis secukupnya (buat pengeras)

Cara membuat :

  • Daging dan Essen dan Wysman + Jempol Amis diaduk jadi 1.

Hasil : Baru dicoba dipemancingan Rawa Papan,sering babon 2 kiloan n notal.

Umpan #6

Nama Umpan : Daging Tape

Creator : Gantibentar

Facebook : https://www.facebook.com/idban

Bahan-bahan.:

  • Daging sapi giling 2 Ons
  • Tapi ubi/singkong (panjang 5 cm)
  • Target 2 bungkus
  • 1 Yakult
  • 1 Yogurt Bio Kul rasa blueberry
  • Kinoy secukupnya

Cara membuat :

  • Aduk semua Jadi satu, kalau terlalu encer tambahkan kinoy.

Hasil: Induk 1 dan notal (GT Lele KODAM)

Umpan #7

Nama Umpan : UBAYA (Usus, Beer And Yakult)

Creator : Sonny SB

Facebook : https://www.facebook.com/Son.Bon.Jovi

 

Bahan-bahan.:

  • Usus Ayam beli Rp. 2.000,-
  • Beer Bintang 3 SDM
  • Yakult 2 SDM
  • Indomie blender untuk pengeras

Cara membuat :

  • Kukus usus sampe matang kemudian di blender sampai halus.
  • Campurkan semua bahan dan atur kekerasannya.
  • Simpan diwadah tertutup rapat 1 s/d 2 hari sampai berbau masam seperti tape.

Hasil: Induk 1 dan nyaris notal di GT Lele Nadia .

Umpan #8

Nama Umpan : SI MERAH

Creator : Rinno

Facebook  : https://www.facebook.com/janice.verina

Bahan-bahan:

  • Jitu choya
  • Jitu tuna
  • 3.pelet umpan udang spesial (warna merah buatan sukabumi) merk SHG
  • telor bebek 1 semuanya
  • minyak ikan kapsul bening 4kapsul

Cara membuat :

  • Aduk semua pake deh umpan jadi warna merah

Hasil:

Coba di empang Black di bojong cengkareng maen hari minggu 3juni12 sesi 2 jam 15:00 sd 17:00 hasil induk 1 ikan 2.77 makan sampe ketelak ikan rame 2 ekor

Umpan #9

Nama umpan : KCNL ( kucing hitam nerkam lele)

Creator : Edi Gunawan

Facebook  :

Bahan-bahan

  • Daging sapi giling tapi berat ane ga timbang maen comot aja lansung pakai tangan
  • Ikan patin bakar 1/2 matang (Daging dan kulit ikan patinnya)
  • Bawang putih 1 buletan
  • Beer hitam merk guiness
  • Djempol amis premium / kinoy ( dua2 nya aye coba sama2 jalan )

Cara membuat:

  • Patin bakar 1/2 matang aja biar minyak nya msh ada.
  • Filet dagingnya bis itu benyek2 daging patinnyanya ma daging gilingnya+bawang putih yg da di bejek.
  • Siram deh tuh si kucing hitam 4 atau 5 sendok (tergantung buat umpannya banyak atau kaga yah)
  • Kasih djempol atau kinoy buat pengeras nya aja.

Ane coba di kolam yadi gondrong sekitaran bintara pondok kopi dan kolam baru di bintara 14 klo ga salah yg di samping tol....

Hasil : 2 hari ini dpt induk juara + juara total 28kg dan semalam 31 kg

Umpan #10

Nama umpan : Burger Tahu

Creator : Max (FF)

Facebook :

Bahan :

  • Burger daging lembu atau burger ayam, 3 keping
  • Tahu putih 2 potong (ukuran lebih kurang (5x5x1.5cm)
  • Tepung jagung secukupnya (sebagai perekat saja)
  • Minyak masak satu sendok makan (supaya tidak lengket ditangan)
  • Dedak stroberi atau boleh juga dedak merah alias dedak udang.

 

Cara membuat :

  • Burger dan tahu di uli (dilenyek) sampai hancur rata, campurkan sedikit tepung jagung. Pencampuran tepung jagung sedikit2 saja, test, kalo udah bisa dibuat bulatan kecil dan tidak pecah, sudah cukup.
  • Uli sampai sebati. Capurkan minyak masak/minyak goreng dan di uli kembali. Simpan/peram 1 hari. Lagi lama simpan lagi baik.
  • Campurkan dedak stroberi ataupun dedak udang saat di kolam pancing, sedikit demi sedikit. (biasanya satu sendok dedak stroberi sudah cukup, asalkan ada bau aja).

 

Buat bulatan di mata kail sebesar telur puyuh, mata kail kecil saja (no 6 atau 7). Lempar perlahan saja (mudah buyar), main dasar. Beloum dicoba main pakai pelampung, karena semua kolam disini melarang pemakaian pelampung, semua main dasar.

Umpan ini cenderung berbau masam, umpan lebih jangan buang, boleh simpan kalo tak habis.

Report, kemarin pakai umpan ini, naik lele 11 ekor size 3 sd 5 kg per ekor. sebagai perbandingan, biasanya naik ikan 3 tatu 4 ekor kalo pakai umpan hidup.

 

Umpan #11

Nama Umpan : Merah Delima

Creator : Sonny SB

Facebook : https://www.facebook.com/Son.Bon.Jovi

 

Bahan-bahan.:

  • Daging Giling 2 Ons
  • Wijsman 1 SDM

 

Cara membuat :

  • Campur semua bahan jadi 1.

Hasil: Sudah sering nginduk dan notal diberbagai empang lele. Terakhir dipakai di GT Lele Pesanggrahan Mas tanggal 22 Juni 2012 Notal.

Umpan #12

Nama Umpan : Mbah Grandong

Creator : Sonny SB

Facebook : https://www.facebook.com/Son.Bon.Jovi

Bahan-bahan.:

  • 1 Genggam usus ayam yg sudah bersih/kukus
  • 3 Kepala ayam beserta lehernya
  • Indomie blender

Cara membuat :

  • Kukus usus dan kepala sampai benar-benar matang kemudian di blender
  • Atur kekerasan dengan indomie dan upayakan jangan sampai terlalu keras.

 

Hasil: Sudah sering nginduk dan notal diberbagai empang lele. Terakhir dipakai di GT Lele Nadya tanggal 30 Juli 2012 Notal dan Induk dalam 1 sesi.

Saran: Lebih efektif main gantungketika suhu air panas.

Umpan #13

Nama Umpan : Ayam Suir

Creator : Jovan Arvenggo

Facebook : https://www.facebook.com/jovan.arvenggo

 Bahan-bahan:

  • Dada ayam
  • Lemak Kambing/Sapi atau sejenisnya
  • Essen Kombinasi dengan Takaran Yang sama:PandanMelonKacangSea foodBelutDagingMinyak bulusD 13Pasta SantanSereh

 

Cara membuat :

  • Dada ayam direbus sampai mateng kemudian disayat tipis-tipis kaya seukuran Senar. peras hasil sayatannya sampai kering, taburkan merat 3 bungkus paneli sachet lalu aduk dengan lemak yang telah dibekukan, dan masukan essen kombinasi sesuai kebutuhan sampai terasa cukup wangi.

Umpan #14

Nama Umpan : Sele Pisang 

Creator : Capung Setiawan

Facebook : https://www.facebook.com/capung.setiawan.1

Bahan-bahan:

  • Usus mentah 1 kg
  • Mecin "sasa" 1 bungkus (seribuan)
  • Pisang Ambon 9 buah
  • Nanas 1 buah
  • indomi yg udah diblender scukupnya.

(*pisang+nanas klo bisa yg udah modrok/busuk lebih bagus*)Cara membuat :

  • Usus+pisang+nanas diblender trs dikerasin pake indomi (klo kinoy biasanya tengiik)

Hasil : Kuning jagakarsa. (Notal + Induk ke-3)

Comments

comments

Comments are closed.