Rahasia Umpan Crankbait di Kedalaman

Kawan pancinger, kali ini kami mau membahas soal umpan buatan (lure) jenis Crankbait yang sangat aktif dalam memancing ikan-ikan yang berada di kedalaman. Crankbait adalah umpan buatan yang bentuknya bulat seperti kacang dan memiliki lidah panjang sehingga sifat umpan crankbait ketika di tarik akan menyelam di kedalam air.

 

Selain itu kami juga akan jelaskan bagaimana cara membuat lure dari kayu yang akan kami ulas di edisi selanjutnya. Target crankbait adalah untuk ikan-ikan predator yang sembunyi di dalam air. Lantaran targetnya adalah predator itulah yang menarik untuk di pancing, maka pembahasan rahasia crankbait patut kami beberkan untuk anda.

 

Banyak pancinger yang yakin bahwa ikan-ikan predator hidup atau sembunyi  di kedalaman hingga sampai di permukaan air. Ikan predator  menempati territorial dalam hingga atas perairan untuk mengincar mangsanya. Penggunaan atau pemakaian  umpan crankbait berpeluang  besar untuk menangkap ikan-ikan predator yang ada di dalam air. Bahkan ikan-ikan predator yang berukuran besar biasanya sembunyi di kedalaman air.

 

Crankbait dirancang hydrodynamic secara gemuk dan dilengkap dengan lidah panjang. Bodynya yang gembung membuat crankbait ketika tidak ditarik (retrieve) maka crankbait itu  akan ngambang. Lidahnya yang panjang  dan menjuntai ke bawah ini membuat umpan crankbait ketika ditarik akan menukik dan menyelam. Selain menukik ke dalam bentuknya yang gembung maka crankbait akan geal geol bergoyang-goyang. Goyang crankbait inilah yang membuat umpan ini sangat ampuh menarik perhatian predator yang lagi diam di kedalaman.

Apa lagi para pembuat crankbait melengkapi desain umpan dengan member timah kecil jika di goyang akan berbunyu icik icik. Bunyi icik-icik dari crankbait inilah jelas makin mantap dan yahud saja untuk menarik perhatian ikan-ikan predator.

 

Lantaran crank bait sangat efektif maka banyak pancinger yang mulai membuay menggunakan kayu halus dan kayu keras. Pembuatnya tergolong mudah dengan alat yang mudah pula. Namun belakangan ini banyak crankbait yang dibuat dari plastic. Crankbait dari plastic inilah yang sekarang menguasai pasaran umpan crankbait yang ada. ***

Comments

comments

Comments are closed.