Analisa Spot Barramundi

DSCN8414 - Copy

Jika piranti mancing telah siap, barulah kita mencari spot lokasi ikan barramundi. Untuk bisa mencari lokasi maka kita harus paham kegemaran ikan barramundi dalam pola hidup dan mencari makan.

Ikan barramundi paling senang bersembunyi di bebatuan. Lokasi yang banyak bebatuan biasanya berada di pemecah ombak/ break water. Permasalahannya  di break water juga bukan sembarang tempat ada namun ikan barramundi menyukai lokasi bebatuan yang banyak di huni ikan-ikan kecil sebagai persediaan makanannya. Biasanya di lokasi bebatuan terdapat onggokan sampah kayu di dasar muara. Teritip kayu/bamboo yang ada membuat ikan-ikan kecil tinggal. Banyaknya ikan kecil itu membuat ikan barramundi sering nongkrong menunggu makanan.

Lokasi lainnya adalah tonggak pohon di tengah sungai. Adanya batang pohon di sungai tentunya menghambat pergerakan air. Karena arus air tertahan maka ikan-ikan kecilpun berhenti untuk berlindung serta mencari makanan. Dalam tonggak kayu juga banyak teritip yang menjadi makanan ikan kecil. Ketika ikan kecil berlindung dari arus itulah predator barramundi menyerangnya.

Lokasi lain adalah pilar-pilar dermaga. Salah satu kesukaan barramundi adalah ngumpet diantara pilar dermaga. Di pilar dermaga biasanya banyak anak ikan yang “bermain hilir mudik” bersama kawan-kawannya. Secara diam-diam ikan barramundi mengintip anak-anak ikan yang sedang bermain. Jadi ketika ada udang umpan main sendirian janganlah kaget bila bakalan disantap oleh barramundi.

Comments

comments

Comments are closed.