Bagaimana Cara Menyimpan Lumut Agar Tetap Awet

rubrik-tips-dan-trick_-cara-agar-lumut-bisa-awet-dan-tahan-lama

Kali ini kami bagikan tip dan trikĀ  soal lumut untuk paraangler, para pancinger, mancing mania dan sahabat mancing. Nah sebenarnya bagaimana cara menyimpan lumut agar tetap awet? Berikut ini kami paparkan resep para resep para garonger Baronang dalam mengawetkan lumut.

Kawan kawan Pancinger khusus para garonger ikan baronang dan jenis rabbit fish lainnya tentu tidak asing dengan lumut dalam penggunaan umpan mancing, karena ini salah satu umpan kesukaan baronang terutama yang big size. cuma kendalanya kadang lumut tidak tahan lama dan cepat busuk abila di simpan, sedangkan untuk mencarinya saja sudah cukup sulit. Berikut ada beberapa kiat yang di Himpun oleh team Berita Mancing dari seorang Garonger baronang asal bengkulu bernama Ikhsan Akbar yang sudah kenyang akan pengalaman ngegarong baronang.

  1. Ambil lah lumut sebanyak dibutuhkan (lumut laut)
  2. Cuci atau bilaslah lumut dengan air laut menggunakan kain berlubang halus seperti kain kasa atau strimin penyaring agar lumut tidak terbuang melalu lubang kain saat di bilas, proses ini dimaksudkan agar pasir serta kotoran kotoran kecil bisa terbawa keluar melewati lubang kain saat di cuci. Jangan menggunakan air tawar atau air hujan untuk membilas lumut karena ini akan menyebabkan lumut lebih cepat busuk.
  3. Peraslah air cucian lumut sekering mungkin, apabila di perlukan dan jumlahnya cukup banyak anda bisa memanfaatkan mesin pengering pada mesin cuci dirumah, metode pengeringan menggunakan mesin lebih efektif karena tingkat kekeringannya cukup tinggi dan lumutpun tidak rusak dalam proses pemerasan.
  4. Setelah proses pemisahan air dari lumut lalu angin anginkan lumut di udara terbuka sekitar 2-3jam agar kadar airnya semakin sedikit, di sarankan agar tidak terkena matahari langsung dan terhindar dari air hujan.
  5. Bungkus lumut dengan kertas koran lau siap di simpan. setelah proses, lumut yang di simpan secara biasa (tanpa pendingin) bisa bertahan selama dua minggu, apabila inginlebih lama lagi maka anda boleh menyimpanya di dalam kulkas dengan catatan setelah di bungkus koran bungkuslah dengan plastik bening dan tutup rapat agar tidak tembus air embun dari freezer dan ini bisa bertahan sampai 2 bulan meski bentuknya tidak lagi sama seperti saat pertama di ambil di spot. Demikianlah Tips agar para Pancinger garonger dan lumuter bisa tetap memiliki stock lumut bahkan di masa paceklik lumut sekalipun, selamat berkreasi. narasumber Ikhsan Akbar bengkulu. *Adf
  6. rubrik-tips-dan-trick_-cara-agar-lumut-bisa-awet-dan-tahan-lama

 

 

 

 

Comments

comments

Comments are closed.