Bahas Slow Jigging Di Mall Artha Gading

Pada hari minggu tanggal 15 Januari di Mall Artha Gading ramai dengan para pancinger, karena pada saat itu pancinger Malaysia yaitu Kenny Chee dan Bayu Noer  dari Mancing Mania Trans 7 mengadakan seminar mancing di tengah keramaian Mall.  Para pemancing yang datang dan para pengunjung Mall berhenti sejenak untuk menonton  pemaparan kedua pembicara ini yang mengambil tema “Slow Jigging”. Acara yang disponsori oleh Sumber Mulia Group (SMG) ini didukung alat pancing seperti Zagan, hammerhead, Kamikaze.

Dalam penjelasan awal Keny Chee mengatakan mengapa perlu melakukan slow pith jigging? “pertama, Teknik slow picth jigging itu sesuai dengan segala kondisi laut dan dengan arus yang berbeda-beda. Kedua  efektif untuk  berbagai ikan, terutama spesies ikan dasar dan alasan ketiga adalah tidak terlalu melelahkan,” kata Kenny Chee. Sebelum menjelaskan teknik slow jigging mengajar bagaimana memegang yang benar. Dengan menguasai teknik memegang joran maka bisa  memudahkan  penguasaan teknik berikutnya.

Ada 4 Teknik slow jigging yaitu:

  1.  Slow pitch jerk
  2.  High pitch jerk
  3. Long Fall
  4. Bottom bounching

 

Slow Pitch Jerk

Kenny Chee menjelaskan tentang  teknik jigging mengenai slow pitch jerk,  “One pitch, one jerk artinya  satu kali putaran satu kali sentakan joran. Satu putaran per detik.  Picth berarti memutar reel. Satu picht bisa  satu putaran,  ½ putaran atau ¼ putaran,” jelas Kenny chee.

 

High Picth Jerk

Mengenai teknik slow jigging yang kedua high pitch jerk Kenny Chee menjelaskan dibantu oleh  Bayu Noer.  “One pitch. One powerfull upward  jerk artinya, satu putaran reel satu sentakan yang kuat. Satu putaran yang kuat biasanya  ½ putaran atau lebih.

Tempo lambat. Setelah high pitch jerk, jig akan menyelam dalam jarak jauh, sama  dengan saat sebelum kamu dapat  putaran selanjutnya.

Teknik yang baik dipergunakan ketika aktifitas ikan meningkat  yaitu pada saat sun rise dan sun set, sangat efektif untuk ikan-ikan besar. Juga di sarankan bila arus kuat ketika ada gangguan air untuk slow pitch.

 

Long Fall Jerk

Mengangkat joran  perlahan 70 – 90 derajat dan memungkinkan untuk meluncur bebas.

Untuk melanjutkan jig naik, 1 sampai  2 kali putaran penuh pada free fall untuk mengambil  line sebelum mengangat rod  perlahan.

Bottom Bounching

Lakukan jig pada kedalaman air 3 kaki dari dasar. Ketika jig mendarat tepat di dasar laut, reel, dalam keadaan slack (kendur) dan sedikit jerk rod 3-4 kali untuk  memungkinkan  jig agar mengetuk dasar laut. Sesudah urutan ketukan, angkat jig ke atas (cepat atau lambat) kira-kira 3 kaki dari dasar dan biarkan jatuh lagi. Ulangi proses.

Teknik ini baik  untuk memancing ikan-ikan dasar. Dianjurkan untuk menghilangkan bagian bawah dua hook.

Selain  high speed lift, bottom bounching  adalah cara lain  yang efektif  untuk memulai jigging setelah jig menyentuh bagian  dasar laut.

 

Teknik slow jigging, strike ikan  terjadi paling sering ketika jig bebas dari hal lain. Sangat penting bagi Anda untuk memaksimalkan keadaan  ini  untuk mendapatkan  hasil terbaik dalam slow jigging. Misalnya dengan cara a). di sisi horizontal: sliding atu suspend, b). menjatuhkan.

Jadi dalam hal ini kita harus tau bagaimana cara memainkan jig terlihat hidup.

Lalu bagaimana memainkan jig cepat atau lambat? Dalam hal ini kita bisa memainkan sesuai target yang hendak kita capai.

 

Teknik Menaklukan Ikan

Dalam menaklukan ikan ada dua cara yaitu

  1. Maximum  rod performance
  2.  Short stroking

 

Maximum rod performance

Tegakkan sudut  90 derajat (line out from the lip) untuk memanfaatkan kekuatan dari bagian  joran yang lebih rendah yang paling ampuh untuk  pertempuran ikan. Ini keadaan  performance rod yang maximal.

 

Short stroking

  1. Angkat joran hanya memungkinkan  untuk setengah putaran reel ketika  menurunkan kembali.
  2. Tindakan ini di ulang lagi  dan lagi sampai  kamu membuat menangkap ikan.

Kenapa?

  1. Short stroke ketika anda ingin mendapatkan lini belakang secara cepat ketika melawan ikan besar.
  2. Dari short strolling anda pertahankan tekanan konstan untuk menangkap ikan lebih cepat.

Comments

comments

Comments are closed.