Mancing Ikan Tapah

Ikan tapah yang berhasil dipancing penulis markus

Dalam mancing tapah ada istilah baru yang saya buat yaitu tehnik Castrol. Cast troll adalah istilah yang kami buat yaitu perpaduan memancing dengan tehnik casting dan trolling. Si pancinger bisa casting saat kapal berjalan dan bisa juga trolling.  Cara memancing trolling, joran tidaklah ditaruh di rod holder dikapal namun dipegang. Cara ini ternyata efektif menaklukan ikan tapah.

Kali ini saya mau bercerita bagaimana tehnik memancing ikan tapah. Namun sebelum saya membeberkan rahasia bagaimana menaklukan ikan tapah, ada baiknya anda mengenal ikan ini.

Victor Luis dan Wiem Kusworo berhasil memancing ikan tapah

Ikan tapah ada dua jenis yaitu wallago leeri dan wallago attu.  Kedua jenis ikan ini hampir mirip. Orang awam akan kesulitan membedakan keduanya. Ciri wallago attu adalah mulut lebar yang pangkalnya berakhir tepat di bawah atau sedikit melewati mata. Sedangkan wallago leeri ujung mulut berakhir sebelum mata.

Keduanya sering disebut sebagai ikan tapah yang merupakan ikan ini asli indonesia. Legenda yang beredar di masyarakat pedalaman Sumatera dan Kalimantan adalah ikan ini sering menyambar anak kecil yang sedang bermain di tepian sungai. Cerita ini sulit dibuktikan karena tidak ada dokumentasi yang memadai. Namun legenda itu ada benarnya. Bayangkan saja saat kami mendapat ikan seberat 6 kg mulut ikan tapah bisa membuka lebar dan mungkin bola kaki bisa masuk. Nah bayangan saja jika bobot ikan di atas 30 kg up, pasti legenda itu ada benarnya.Konon menurut peneliti bahwa jenis tapah wallago attu jauh lebih besar dan agresif jika dibandingkan saudaranya wallago leeri. Saat kami menjelajah sarang tapah ikan yang kami dapat adalah kenis wallago leeri dan ternyata juga sangat agresif.

Oke sekarang mari kita bercerita bagaimana tehnik memancing ikan tapah. Untuk menjawab ini saya sungguh beruntung bisa berkenalan dengan beberapa pancinger pemburu ikan tapah di Kalimantan. Dari trip-trip berburu ikan tapah inilah akan kami uraikan tehnik memancingnya.

Sebelum kami mendapat  ikan tapah dalam benak kami terbersit tanda tanya besar yang sederhana  yaitu bagaimana memancing ikan tapah ini?  Jawaban itu ternyata harus kami cari sendiri dengan memancing ikan ini ke pedalaman Kalimantan. Berpijak dari pengalaman sukses memburu tapah inilah kami akan bercerita sedikit mengenai tehnik memancing ikan tapah.

Lokasi Spot Ikan Tapah

Salah satu keberhasilan memancing adalah mengetahui keberadaan lokasi ikan di suatu tempat.  Tanpa mengetahui lokasi keberadaan ikan maka kesuksesan memancing akan jauh dari kita.

Ikan tapah adalah ikan yang hidup di dasar sungai. Mereka akan mencari makan dan mencegat makanan berupa ikan-ikan kecil dan udang yang sembunyi di balik  rerumputan

Ciri lokasi spot ikan tapah yng kami alami saat mancing di Kalimantan  biasanya  lebih dominan di lokasi  anak  sungai-sungai  kecil yang jauh dari pemukiman. Lubuk dan anak sungai yang masih perawan dan jarang dilewati manusia itulah ikan tapah berada.

Anak sungai kecil semacam parit dengan lebar 2 – 4 meter, dimana di sini tepinya terdapat pohon rerumputan dan pohon menyerupai pandan, disitulah keberadaan ikan tapah. Lokasi ini seperti ini merupakan lokasi untuk bertelur berbagai ikan. Di tempat inilah rantai makanan terjadi dimana induk tapah bukan hanya untuk bertelur saja namun di lokasi rerumputan dan banyak ranting pohon untuk mencari  makanan serta mempertahankan kehidupan.

Musim & Cuaca

Untuk mendapat waktu yang tepat dalam berburu ikan tapah adalah pemilihan cuaca atau musim yang tepat.  Usahakan memburu ikan tapah pada musim habis musim hujan dan memasuki musim kemarau, karna biasanya di saat seperti itu ikan tapah yang habis bertelur akan keluar mencari makan dan cendrung lebih agresif. Begitu juga dengan musim kemarau dan memulai memasuki musim penghujan, karena buat ikan tapah pada saat itu merupakan masa untuk bertelur. Saat bertelur ikan tapah akan menjadi menjadi agresif mencari makan sebagai suplay makanan sebelum mereka menetaskan telurnya.

Lure Yang Digunakan

Dari beberapa kali trip memancing ikan tapah, lure yang sering digunakan untuk memancing ikan tapah adalah lure yang bisa menyelam dari 2 meter sampai 6 meter.  Kenapa perlu lure yang bisa menyelam ke dalam? Karena ikan tapah berada di dasar air, sehingga kita perlu lure yang menyelam ke dalam. Namun untuk aksi deep (menyelam ) tenttu saja tergantungn ke dalama sungai karena untuk masing-masing daerah memiliki kedalama sungai yang bervariasi.

Ukuran lure yang kami pergunakan untuk memburu ikan tapah adalah lure jenis minnow dengan  ukuran 9 cm sampai 14c m.  Di pasaran banyak merk lure  namun dari pengalaman trip mancing ikan tapah dan senjata para guide fishing, lure yang mereka pakai adalah killa lure, Rapala xrap,  storm deep thunder, storm thunder stik 11cm, pioneer croc 14 cm dan spiner bait terminator dan tentunya banyak jenis minnow lure yang lainnya.

Tehnik Cast Trol For Tapah

Tehnik cast troll adalah hanya istilah yang kami buat sendiri untuk memudahkan pemahaman saja.  Cast troll adalah istilah yaitu perpaduan memancing dengan tehnik casting dan trolling. Si pancinger bisa casting saat kapal berjalan dan bisa juga trolling.  Cara memancing trolling, joran tidaklah ditaruh di rod holder dikapal namun dipegang. Cara ini ternyata efektif menaklukan ikan tapah.

Untuk tecnik casting usahakan memainkan lure dengan  cara di retrive perlahan, jerk sedikit terus biarkan beberapa detik, kemudian ulangi lagi. Usahakan lurenya yang digunakan memiliki bunyi, karena buat saya sangat efekti.

Saat sampan motor berjalan anda bisa memancing secara trolling dengan memegang joran. Kecepatan trolling sangat lamban. Usahakan kecepatan kapal stabil. Umpan minnow deep 14 cm seperti killa lure, rapala xrap sangat cocok untuk trolling karena memang dirancang untuk menyelam.

Sambaran ikan tapah sangat pelan dimana lure seperti tersangkut. Coba hentak joran untuk agar kail hook secara sempurna. Bila di bawah sana ada perlawanan berarti umpan anda tidak menyangkut ranting pohon tapi menyangkut ikan.

Kini anda harus fight dengan ikan tapah dan memenangkan pertarungan. Setelah strike usahakan ikan di tarik terlibih dulu mendekat  arah kita. Jangan dikasih tali buat dia lari,  karna apabila di kasih tali dia akan berusaha untk melarikan diri ke tempat yang banyak ranting. Bila sembunyi diranting akan akan menyulitkan kita dan akhirnya mocel. Untuk mengatasi hal ini  usahakan bawa ke tempat yang lebih lapang dan jauh dari ranting-ranting, dengan cara  kita akan lebih  leluasa untuk fight dan menaklukan si tapah.

Fight dengan ikan tapah besar 10 kg up tidak mudah. Untuk bisa menimbulkan ikan kepermukaan  sangat sulit karena ikan besar  selalu melarikan diri ke tempat yang banyak rantingya sehingga kita kalah dalam bertarung. Untuk memenangkan pertarungan dengan tapah besar pakailah pe 4 – 6. Sekarang ini ada kenur pe ukurab besar dengan diameter kecil. Semoga berguna. ***marcus

Comments

comments

Comments are closed.