FAQs Tanya Jawab

Q?

Mengapa Benang Suka Melintir?

A.

benang-melintir-bikin-susah-pancinger

Salam strike untuk tim  Berita mancing..! Saya mau bertanya mengenai benang. Mengapa benang suka melintir alias keriting? Benang merk apa yang tidak melintir? Mohon penjelasannya.

Salam

Budi Prasetyo

Pondok Aren Ciledug.

Jawab:

Salam kenal juga buat Pak Budi Prasetyo di Ciledug. Benang melintir adalah kendala yang banya dijumpai khususnya  jenis monofilament (kenur) yang menggunakan spinning reel untuk itumari kita urai satu persatu jenis benang yang ada

Benang monofilament. Benang ini banyak terbuat dari bahan plastic dan nylon yang memiliki hanya satu bagian (layar). Akibat dari hanya satu bagian  maka benang  ini akan kembali  ke posisi semula bila terpilin (biasanya disebut memori).

Spining reel adalah ril yang bekerja secara spin yang berarti melintir. Hal ini yang menyebabkan mengapa benang jenis ini mengalami melintir.

Apa penyebab benang melintir?

  1. Kesalahan ketika mengulung dari gulungan ke reel. Lihat bagian reel di bagian depan, rotor akan bergerak sesuai jarum jam atau mintalah bantuan teman untuk memutar ril. Pegang gulungan benang (cones). Lihatlah arah keluar benang harus searah jarum jam. Cobalah dengan cara ini maka benang anda tidak melintir.
  2. Gunakan teknik memompa joran dengan benar. Biasanya memompa joran ketika fighting dengan ikan. Jangan memutar reel ketika ikan sedang menarik secara kuat. Cobalah anda hanya bertahan untuk menahan joran. Kalo anda paksakan ketika ikan melawan terus dan anda menarik  benang maka akan terjadi benang melintir bahkan putus.
  3. Turunkan pancing ke air secara pelahan. Banyak pemancing yang ingin agar segera umpannya  di makan/disambar ikan dengan menurunkan pancing secara langsung. Tahanlah benang sedikit demi sedikit untuk menghindari benang berputar di air akibat efek timah mata pancing, hal ini untuk menghindari agar benang tidak melintir.

Dari ketiga hal di atas ini masih banyak  lagi penyebab benang melintir. Bagi para pancinger yang memiliki pengalaman lebih, mungkin bisa bertukar pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Semoga jawaban singkat ini bisa memberi sedikit pencerahan. Salam strike..!

Q?

Hallo Berita Mancing, Saya Mancing Mania penggemar mancing di laut. Mau tanya soal mancing di rumpon. Bagaimana cara mengetahui keberadaan rumpon, apa bahan pembuatan rumpon dan bahan apa yang membuat rumpon awet. ? makasih dari Bagio Bekasi

A.

20150611_124453

mancing di rumpon

Salam strike buat Pak  Bagio.... Untuk mengetahui lokasi rumpon kita harus menggunakan  GPS, dikala rumpon di tanam sebaiknya anda simpan koordinatnya dalam GPS.  Kalo dulu kala sebelum zaman GPS para nelayan menandai titik tersebut dengan tanda-tanda alam seperti posisi pulau dll namun cara ini tidak akurat.

Untuk bahan dasar untuk membuat rumpon adalah kerangkeng bambu atau kayu galam atau rumpon kapal rusak atau rakit dibenamkan dasar laut.

Pada prinsipnya  rumpon dibuat  dengan dua cara  macam yaitu tipe kerangkeng (segi empat) yang dianyam dari bambu atau pohon galam yang diikat dengan daun kelapa atau daun kedondong. Biasanya jenis ikan untuk rumpon ini adalah  kakap merah, kerapu, como,   dan ikan kuwe.

Tipe kedua adalah rumpon dari kapal rusak, drum atau besi siku. Rumpon ini lebih kuat dan tahan lama, namun tumbuhnya ikan agak lama. Biaya juga mahal.

Q?

Bagaimana cara agar mancing di laut sukses?

A.

Ada banyak faktor untuk mancing di laut bisa sukses. Kuncu sukses mancing di laut intinya ada 4 hal yaitu 1. waktu dan cuaca yang tepat. 2dipandu oleh  pemandu mancing yang benar dan ahli. 3 piranti mancing mendukung. 4 penguasaan tehnik. Nah bila semua ini tepat dan ada keberhasilan mancing para mancing mania sahabat mancing pastinya akan sukses dan anda bisa memberikan kabar mancing mengenai kesuksesan anda.