13 Fakta Ikan Barramundi

Ikan barramundi atau ikan kakap putih  merupakan ikan yang paling dikenal banyak orang terutama yang tinggal di pesisir. Apa saja fakta-fakta mengenai ikan barramundi?

 

Fakta 1

Ikan  barramundi ternyata menjadi ikan yang paling terkenal di wilayah pesisir pantai mulai dari pesisir pantai Australia Utara hingga Asia Tenggara, bahkan pesisir pantai Barat asia hinga pesisir  pantai  pantai India dan Sri Lanka.

Fakta 2

1350 Pancinger Kakap Putih Pecahkan Rekor Muri. Sebuah prestasi yang sangat tinggi di pecahkan oleh 1350 pancinger kakap putih terbanyak yang di catat oleh Rekor Muri. Peristiwa terjadi pemecahan rekor muri ini terjadi pada tanggal 19-20 November 2016 ketika diadakan “Turnamen Mancing Kakap Putih Tingkat Nasional 2016" di Pelabuhan Kendal Jawa Tengah, yang mempebutkan Piala Tetap Bupati Kendal Bersama Insane Fishing Club

Fakta 3
Ikan barramundi memiliki nama yang banyak dan barramundi dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia sebagai Asia Seabass, meskipun nama umum Ilmiah adalah Barramundi Perch. Beberapa nama lain yang disebut antara lain: Raksasa Perch, Palmer, Cockup, Bekti, Nairfish, Perak Barramundi dan Australia Seabass.

Fakta 4

Di Australia  menyebut ikan barramundi dengan sebutan ikan  Aborigin untuk "ikan perak skala besar." Lantaran memiliki tenaga yang kuat.


Fakta 5

Hampir semua ikan barramundi dilahirkan jantan, kemudian berubah menjadi betina saat mereka berusia tiga sampai empat tahun. Ini berarti barramundi perempuan hanya dapat didekati oleh barramundi jantan  yang lebih muda!
Fakta 6

Barramundi hidup di air tawar, air asin dan  air payau pertemuan antara freshwater dan air laut saltwater).

Fakta 7

Ikan barramundi adalah ikan catadrom yang berarti bahwa ikan barramundi lahir di laut dan hidup di air tawar - pada dasarnya gaya hidup yang berlawanan dari salmon.

Fakta 8

Cara unik untuk mengukur usia barramundi ditentukan dengan menghitung cincin pertumbuhan pada sisik mereka (seperti menghitung cincin pertumbuhan pada pohon).

Fakta 9

Ikan  barramundi betina besar dapat menghasilkan 32 juta telur dalam satu musim.

Fakta 10

Rekor  dunia IGFA all tackle untuk barramundi seberat 44.64 kg (98 lb 6 oz) yang dipancing oleh Denis Harrold  di Lake Monduran, Queensland, Australia. Ikan itu terpancing pada tanggal 12 Desember 2010.
Fakta 11

Ikan Barramundi dapat melakukan perjalanan jarak jauh dalam seumur hidup; satu ikan ditandai dan menemukan 400 mil jauhnya.

Fakta 12
Ikan barramundi kecil memiliki karakteristik yang membedakan: kehadiran dorsal kepala garis putih ketika mereka antara satu dan lima sentimeter panjang.

Fakta 13
Ikan barramundi bertelur pada bulan purnama, dan kulit warna-warni mereka dapat dilihat berkilauan melalui air selama 'tarian cinta' mereka.

 

Comments

comments

Comments are closed.