335 Spesies Ikan Damsel “Si Gurame Laut”

dscn5860

Kali ini kami mau bercerita mengenai ikan-ikan karang. Dan salah satu ikan karang yang banyak menghuni lautan adalah spesies ikan damsal dalam buku ilmiah ada sekitar 335 spesies ikan damsel. Pengkategorian ikan damsel oleh ilmuwan masuk dalam keluarga /family pomacentridea.

 Sebenarnya banyak kali sebutan Ikan-ikan damsel ini. Di daerah Nusa tenggara Timur sampai Papua ikan ini disebut dengan nama ikan rapo-rapo. Sementara kami sering menyebut dengan nama ikan gurame laut, karena bentuk persis ikan gurame di air tawar. Soal rasanya pun tidak kalah nikmatnya dengan ikan gurame.

Ikan damsel memilik berbagai variasi warna dalam tubuhnya. Ada yang berwarna silver garis-garis, ada yang warna kuning garis-garis, ada yang warna coklat, ada yang warna biru. Yang menjadi cirri khas adalah duri punggungnya sejajar rata dengan duri yang tajam sebagai senjata dalam bertahan hidup. Ciri yang menonjol dari ikan ini adalah mulutnya yang mungil dengan mata bulat besar.

Ikan ini tersebar luas dari Australia hingga lautan Indonesia serta Asia. Rata-rata ikan ini berada di karang-karang terutama di terumbu karang yang masih bagus. Ikan ini menaruh telurnya di pasir dan di karang tempat mereka membangun rumah bersama.

Mancing gurame laut? Tindakan pertama cari karang atau rumah ikan kemudian coba memancing dengan piranti ringan kelas 6 lbs – 10 lbs. Sebagai umpan anda bisa menggunakan irisan cumi atau irisan ikan dengan kail kecil nomor 7 – 8. Mancing kotrekan sabiki cocok sekali untuk mengail ikan ini. Meski mulutnya kecil namun ikan ini rakus makan irisan cumi yang kita pasang. Selamat mencoba***

Comments

comments

Comments are closed.