Ikan Barrakota Preman Laut Dalam

baracouta

Salah satu ikan yang paling dibenci oleh pemancing adalah ikan  barrakota /barracouta. Ikan barakota / barracouta bagaikan preman yang menyikat kenur yang ngelawer di laut.  Giginya yang tajam bak pisau belati sanggup memotong kenur pe kelas besar.

Wajanya yang sangar, mulutnya yang lebar dengan gigi bak belati merupakan salah satu ikan yang paling takuti oleh ikan lain. Jadi barrakota / barracouta bukan hanya preman namun ia bagaikan geng mafia yang siap menyikat apa saja dihadapannya.

Ketika kami memancing  ikan laut dalam yaitu di kedalam antara 150 m – 300 m kami selalu mendapat ikan barrakota /barracouta. Bentuk tubuhnya panjang dan di bagian mukanya sangat menyeramkan. Yang sangat khas adalah gigi taringnya sangat banyak bagaikan drakula.

Dari giginya ini yang pergunakan sebagai untuk memotong ikan mangsanya. Sekali sambar pasti ikan hancur dan putus. Di kalangan pemancing ikan barrakota/ barracouta terkenal sebagai penggunting tali pancing. Apa lagi tali PE yang menyala di air akan di potong dan tali pancing putus.

barracouta1

Dikalangan nelayan ikan Barracouta disebut dengan nama ikan layur. Ikan ini memiliki nama latin/ ilmiah Thyrsites atun dengan nama inggris  snake mackerel. Ikan ini bisa mencapai panjang 2 meter. Rekor yang pernah dicatat beratnya mencapai 6 kg.

Ikan Barracouta berbeda dengan ikan barakuda. Ikan barracouta atau ikan layur merupakan ikan komsumsi yang banyak di jual di pasaran. Paling banyak yang ukuran kecil dijadikan ikan asin. Untuk mancing ikan yang besar  maka kita harus mencari di kedalam 150 – 300 m.***

 

Comments

comments

Comments are closed.