Si Kumis Goat Fish

DSCN5130

Dalam suatu kesempatan memancing  saya berhasil mendapatkan ikan berkumis. Meski ukurannya tidaklah besar namun ikan ini cukup membuat saya happy.  Setelah saya mendapatkannya lalu saya melihat buku  referensi nama ikan ini.

Saya memanggil ikan ini dengan nama ikan berkumis lantaran memang memiliki sungut atau kumis di bagian bawah mulut. Kalo nama lokal saya tidak tahu namanya maka saya menyebut nama ikan ini dengan asal-asalan saja yaitu ikan berkumis.

Ikan berkumis ini memiliki nama popular  Goat Fish masuk dalam family  Mullidae, juga memiliki nama english red mullet.  Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sih harusnya namanya belanak merah, namun sampai sekarang saya tidak tahu nama lokal dari ikan ini.

Khusus spesies ikan goat fishes atau ikan kumis, ternyata memiliki keunikan  yaitu jenisnya ada   60 spesies. Ada yang  memiliki bentuk totol-totol ada pula yang merah polos yang masing-masing berbeda beda.

DSCN5131

Dari referensi buku ikan yang saya baca, bahwa paling besar ikan ini sekitar 60 cm. Nah, saat itu saya mendapat ikan ini dengan panjang 50 cm hemm.. jadi untuk ukuran goat fish yang saya dapat termasuk monster fish hahaha…!

Ikan goat fish hidup di kedalaman 30 – 50 meter,

Ternyata daging ikan goat fish sangat enak dan mantap rasanya.  Apa lagi kalo di goreng pakai tepung hemm enak sekali. ***

 

Comments

comments

Comments are closed.