Tembakan Jitu Luar Biasa Ikan Sumpit

Ikan sumpit

Pak Marcus Berita mancing berhasil casting mendapat ikan sumpit

Tahukan anda bila ikan sumpit (archer fish) dalam memburu dan mencari mangsanya tergolong unik dan luar biasa, dimana serangga di atas dahan di yang berada di permukaan air ditembak dengan semburan air dari mulut sehingga serangga jatuh ke air danmenjadi santapan ikan sumpit.
Para peneliti meneliti ikan sumpit ini dan bagaimana cara kerja tembakan sumpit terjadi? Ternyata mekanis yang terjadi dalam tubuh ikan bahwa lontaran air itu bagaikan pistol. Yang menjadi kekaguman para ilmuwan adalah akurasi tembakan yang menakjubkan. Serangga kecil di atas dahan ditembak dengan mulutnya yang kecil. Barangkali kita untuk menembak belum tentu kena. Ini sungguh luar biasa keakuratan tembakan ikan sumpit.
Ikan sumpit yang dalam bahasa ingris terkenal nama archerfish sebenarnya ada dua macam yaitu spotted archerfish (taxotes chatareus) dan banded (taxotes jacularis), yang membedakan jenis spotted adalah titik hitam sedangkan yang banded bukan titik melainkan garis hitam.
Ikan sumpit habitatnya berada di muara dan berada di dekat hutan mangrove. Di Indonesia banyak sekali ikan sumpit yang menyebar dari Papua hingga Aceh. Penyebaran ian sumpit di dunia mulai di Asia selatan sampai Australia utara, hingga pulau-pulau di Melanesian. Ikan sumpit memang tidak bisa besar yang tercatat oleh para ilmuwan ikan sumpit terbesar panjangnya 50 cm yang di temukan di papua new guine dan Merauke Papua.
Bagaimana Mancing ikan sumpit? Aneh bin ajaib ikan kecil ini ternyata dalam ekspedisi memancing ke muara-muara bahwa ikan sumpit ini berhasil kami pancing dengan tehnik casting. Minnow yang besar pun mau disambar dan di telannya. Fenomena ikan sumpit makan minnow sepertinya bukanlah ketidak sengajaan karena beberapa angler yang casting sering mendapat ikan sumpit.***Marcus Widhi Nugroho

Comments

comments

Comments are closed.