Ikan Dari Sungai Hingga Laut

IMG_4348_2

Para pemancing  yang disebut juga Angler, Mancing Mania dan Sahabat Mancing ini kali saya berikam Kabar Mancing soal  serpihan dari BUKU GEMAR MEMANCING karya saya yang belum kami publikasikan.

Planet bumi sebagai tempat hidup manusia dan semua binatang, merupakan ciptaan Tuhan. Dengan meneliti sebagian satwa atau mahluk hidup bumi saja, maka kita sebagai manusia harus mengakui bahwa Tuhan telah berkarya sungguh-sungguh luar biasa. Kita bisa mengagumi Tuhan melalui ciptaanya yang berada di planet bumi ini.
Bumi yang terdiri dari tanah (daratan) dan air menjadi sumber hidup bagi semua mahluk yang tinggal di bumi ini. Di Planet bumi inilah manusia, diberikan kuasa oleh Tuhan untuk menguasai segala binatang baik di darat maupun di laut, tentu saja Allah punya tujuan agar manusia ingat akan Ke-Maha-an Allah.

FM8A0345
Untuk membahas dimana saja habitat ikan itu berada, maka kita harus membahas unsur bumi yang terbesar yaitu air. Air atau dalam bahasa kimia H2O sudah menjadi bagian terpenting pada setiap mahluk hidup di bumi ini. Air bukan hanya menjadi sumber hidup manusia saja namun air juga menjadi tempat tinggal (habitat) jutaan spesies ikan. Mulai air yang berada di gunung, danau yang mengalir menjadi sungai atau genangan air menjadi rawa atau sungai yang dibendung manusia alias terbentuk dam airnya terus mengalir ke muara dan akhirnya ke laut semuanya itu menjadi tempat-tempat ikan.
Mencari tahu tentang keberadaan ikan tentu mulai dari sungai yang mengalir jauh hingga di tengah lautan bisa menimbulkan kekaguman akan karya Tuhan yang luar biasa sehingga kita bisa memahami keberadaan Tuhan melalui ciptaannya termasuk habitat tempat tinggal ikan.

DSCN4875

Saya bersyukur tinggal di Indonesia yang kaya raya ini

Saya juga bersyukur tinggal di Indonesia, dengan kekayaan alamnya. Mulai dari sungai, gunung, danau, waduk banyak kita jumpai dan hampir semua ada di wilayah Indonesia. Bahkan negeri kita ini, wilayah terbesar Indonesia terdiri dari laut yang jumlahnya mencapai 2/3 dari wilayah Indonesia. Padahal laut merupakan habitat ikan. Jadi ketika saya membahas habitat tempat hidupkan sangatlah terbantu, karena saya tinggal di Indonesia, dan yang boleh saya bilang Indonesia ini bagaikan sebuah laboratorium alam raksasa. Anda bisa mempelajari banyak hal mengenai alam dan segala isinya yang berada di Indonesia termasuk mempelajari keberadaan ikan.

Secara garis besar habitat ikan terbagi menjadi:
1. Danau dan Waduk
2. Rawa
3. Sungai
4. Kolam
5. Laut.

Kami akan mencoba menguraikan habitat ikan satu persatu, khusus untuk laut karena sangat luas materinya saya akan mencoba menerangkan bagaimana mancing di laut mulai dari tepi pantai hingga lautan lepas secara terpisah. Harapan saya dengan mengetahui habitat ikan, paling tidak bisa membantu hobi memancing yang anda jalani. diambil dari  draf buku GEMAR MEMANCING. Karya Marcus Widhi Nugroho

Comments

comments

Comments are closed.